(e-ISSN : 2685-3728 | p-ISSN : 2461-0496)

Jurnal Farmasi Sandi Karsa yang disingkat dengan JFS yang merupakan media Publikasi tentang ilmu Farmasi dan Kesehatan pada umumnya yang dituangkan dalam bentuk tulisan jurnal hasil penelitian maupun buku berbasis elektronik dan cetak yang dipublikasikan dua kali dalam setahun dengan satu kali terbitan selama 6 bulan / persemester. JFS ini tidak lepas dari tuntutan Tridharma Perguruan Tinggi yang memberikan layanan bagi masyarakat umum, peneliti, maupun penulis untuk mengakses, meningkatkan dan menambah referensi, menerbitkan karyanya yang dituangkan dalam bentuk artikel-artikel yang dipublikasikan dalam bentuk jurnal. Selain itu, JFS merupakan Media Elektronik berbasis Online Jurnal Sistem (OJS) dapat diakses dimanapun sehingga memberikan kemudahan bagi pembacanya baik kalangan Pelajar, Mahasiswa, dan masyarakat umumnya. OJS sendiri merupakan salah satu media pengarsipan yg memberikan kemudahan bagi penulis untuk melihat kembali tulisannya dari tahun ke tahun, serta mengikuti perkembangan zaman secara teknologi online yang semakin hari semakin mudah untuk memperoleh pengetahuan bagi para pembaca.

 

Focus and Scope

* Farmasi Umum dan Apoteker

* Analisis Farmasi dan Kimia Medisinal

* Farmakologi dan Farmasi Klinik

* Farmasetika dan Teknologi Farmasi

* Farmasi Makanan dan Analisis Keamanan Pangan

* Biologi Farmasi

* Public Health (Epidemiologi dan Obat-obatan)

 

Publication Ethics

Jurnal Farmasi Sandi Karsa (JFS)  menggunakan pedoman yang dikeluarkan oleh LPPM Farmasi Sandi Karsa. Jurnal Farmasi Sandi Karsa (JFS) mengharuskan semua artikel yang melibatkan subyek manusia untuk menghormati prinsip-prinsip etika penelitian. Adapun penelitian yang melibatkan hewan sebagai subyek juga diharuskan untuk mematuhi Prinsip Internasional untuk Penelitian Biomedis yang dikeluarkan oleh Dewan Internasional Organisasi Ilmu Kedokteran (CIOMS). Publikasi etis harus jelas untuk meningkatkan kualitas penelitian. Jurnal Farmasi Sandi Karsa (JFS) menyesuaikan diri untuk memenuhi standar etika baik untuk penerbit, editor, penulis, dan pengulas.

Berikut adalah standar etika untuk editor, penulis, dan pengulas:

Editor

* Editor harus bertanggung jawab atas setiap artikel yang diterbitkan di Jurnal Farmasi Sandi Karsa (JFS).

* Editor harus membantu penulis mengikuti Pedoman untuk penulis.

* Editor dapat berkomunikasi dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan akhir.

* Seorang editor harus mengevaluasi naskah secara obyektif untuk publikasi, menilai masing-masing pada kualitasnya tanpa melihat kebangsaan, etnis, kepercayaan politik, ras, agama, jenis kelamin, senioritas, atau afiliasi kelembagaan penulis. Editor harus menolak penugasan ketika ada potensi konflik kepentingan.

* Editor perlu memastikan dokumen yang dikirim ke pengulas tidak mengandung informasi dari penulis, dan sebaliknya.

* Keputusan editor harus diinformasikan kepada penulis disertai dengan komentar pengulas kecuali jika berisi komentar yang menyinggung atau memfitnah.

* Editor harus menghormati permintaan dari penulis bahwa seorang individu tidak boleh meninjau kiriman jika ini beralasan dan praktis.

* Editor dan semua staf harus menjamin kerahasiaan naskah yang dikirimkan.

* Editor akan dipandu oleh diagram alur Publishing System  jika ada dugaan pelanggaran atau kepenulisan yang disengketakan.

 

Peninjau

* Peninjau mengomentari kemungkinan kesalahan dalam penelitian dan publikasi etis.

* Peninjau harus melakukan pekerjaan tepat waktu dan memberi tahu Editor jika mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan.

* Peninjau harus menjaga kerahasiaan naskah.

* Peninjau tidak boleh menerima dan meninjau ulang naskah jika ada potensi konflik kepentingan antara mereka dan penulis.

 

Penulis / Author

*Penulis memastikan bahwa materi yang akan diterbitkan belum dipublikasikan dan dikirim ke tempat lain secara bersamaan

* Penulis harus memastikan keaslian penelitian mereka dan mereka telah mengutip pendapat orang lain dengan benar sesuai dengan format referensi.

* Penulis tidak terlibat dalam plagiarisme.

* Penulis harus mengikuti kriteria yang dijelaskan dalam penulisan pedoman kepada penulis Jurnal Farmasi Sandi Karsa (JFS).

* Penulis tidak disarankan untuk mempublikasikan informasi pribadi yang dapat membuat identitas pasien dapat dikenali dalam bentuk bagian deskripsi, foto atau silsilah. Ketika foto-foto pasien sangat penting dan sangat diperlukan sebagai informasi ilmiah, penulis telah menerima persetujuan dalam bentuk tertulis dan telah menyatakannya dengan jelas.

* Dalam kasus percobaan pada manusia, penulis menyatakan bahwa penelitian ini sesuai dengan standar etika LPPM Farmasi Sandi Karsa, yang memimpin eksperimen manusia. Jika ada keraguan yang diajukan apakah penelitian dilakukan sesuai dengan deklarasi, penulis harus menjelaskannya. Dalam kasus percobaan pada hewan, penulis telah menyatakan bahwa penulis telah mengikuti pedoman dan di luar negeri berkaitan dengan percobaan hewan di laboratorium.

* Penulis harus menyerahkan data dan detail kepada editor, jika diduga pemalsuan atau pembuatan data.

* Penulis harus menjelaskan segala sesuatu yang dapat menimbulkan konflik kepentingan seperti pekerjaan, biaya penelitian, biaya konsultasi, dan kekayaan intelektual tentang pedoman untuk penulis Jurnal Farmasi Sandi Karsa (JFS)

 

Kerahasiaan

Redaksi Jurnal Farmasi Sandi Karsa (JFS) memperlakukan naskah yang dikirimkan dan semua komunikasi dengan penulis editor dan reviewer sebagai rahasia. Penulis juga harus memperlakukan komunikasi dengan jurnal sebagai rahasia. Korespondensi dengan jurnal, laporan pengulas dan materi rahasia lainnya tidak boleh diposting di situs web apa pun atau dipublikasikan tanpa izin terlebih dahulu dari editor, apakah pengajuan tersebut akhirnya diterbitkan atau tidak.

 

Pedoman Penulisan

* Download Template Jurnal