UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH PEPINO (Solanum Muricatum Ait) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Esherichia coli Edi Kamal, Sainal; Lara Tiara, Desi

Main Article Content

Sainal Edi Kamal
Desi Lara Tiara

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan uji aktivitas antibakteri ekstrak Buah Pepino (Solanum muricatum Ait) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli yang ditunjukkan oleh pembentukkan zona hambatatau zona bening pada media pertumbuhan bakteri uji. Penelitian inidi laksanakan di Laboratorium Biologi Akademi Farmasi Sandi Karsa Makassar pada bulan Maret 2019 dengan menggunakan metode maserasi, 3 replika dan 3 konsentrasi yaitu 5%, 10% dan 15%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak Buah Pepino (Solanum muricatum) pada konsentrasi 5% dengan zona hambat sebesar 11,3 mm, 10% dengan zona hambat sebesar 11,5 mm dan 15% dengan zona hambat sebesar 11,7 mm dengan zona hambat optimum yaitu pada konsentrasi 15% dengan zona hambat 11,7 mm.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Edi Kamal, S. and Tiara, D. L. (2019) “UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH PEPINO (Solanum Muricatum Ait) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Esherichia coli”, Jurnal Farmasi Sandi Karsa, 5(1), pp. 15-18. doi: 10.36060/jfs.v5i1.31.
Section
Articles